Hati Hati Dalam Menyebar Fitnah di Media Sosial, Ini Dosanya !

Akhir akhir ini banyak sekali bertebaran fitnah fitnah, entah fitnah kepada pemerintah, Kepolisian, ulama ataupun fitnah kepada agama islam.

Dan banyak pengguna media sosial di Indonesia dengan latah tanpa mensharenya, apalagi tanpa di kroscek dulu kebenarannya  apakah kabar itu benar atau bohong.  Mungkin mereka mereka yang muslim ini belum tahu bahwa menyebar fitnah itu sangat dilarang dalam agama islam.  Atau mungkin mereka merasa bahwa yang mereka lakukan ini perbuatan sepele.

Allah berfirman dalam surat An-Nuur ayat 15 :

إِذْ تَلَقَّوْنَهُ بِأَلْسِنَتِكُمْ وَتَقُولُونَ بِأَفْوَاهِكُمْ مَا لَيْسَ لَكُمْ بِهِ عِلْمٌ وَتَحْسَبُونَهُ هَيِّنًا وَهُوَ عِنْدَ اللَّهِ عَظِيمٌ

Yang artinya : (Ingatlah) di waktu kamu menerima berita bohong itu dari mulut ke mulut dan kamu katakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikit juga dan kamu menganggapnya suatu yang ringan saja. Padahal dia pada sisi Allah adalah besar”. 

Allah berfirman dalam Al Hujurat ayat 6

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَىٰ مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

Yang artinya : ” Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.”

Dalam sebuah hadist Dari Ibnu Abbas r.a, disebutkan bahwa Rasulullah saw pernah berjalan melewati 2 (dua) kuburan, kemudian beliau bersabda : “Sesungguhnya 2 (dua) orang ahli kubur itu disiksa dan keduanya tidak disiksa karena dosa besar. Ya, benar. Sesungguhnya dosa itu adalah besar. Salah seorang di antara keduanya adalah berjalan di muka bumi dengan menyebarkan fitnah (mengumpat). Sedang salah seorang yang lain tidak bertirai ketika kencing”. (H.R. Bukhari dan Muslim).

Jadi berdasarkan 2 ayat Al Qur’an dan 1 Hadist diatas sudah jelas bahwa kita dilarang asal menshare berita yang tersebar di media sosial kita diwajibkan untuk kroscek dulu apakah berita itu benar atau tidak. Karena mungkin kita menganggap menshare berita itu adalah perbuatan enteng tetapi disisi Allah swt bisa jadi  merupakan dosa yang dapat menjerumuskan anda ke Neraka Jahanam.

1 x menshare berita hoax berarti kita mendapatkan 1x dosa yang bisa jadi merupakan dosa yang membawa kita ke neraka, lalu berapa kali seumur hidup kita sudah menshare berita hoax dan fitnah ini ? Astagfirullah banyak sekali dosa yang kita dapatkan dari perbuatan yang kita anggap sepele ini perbuatan yang kita anggap enteng ini

Mari kita sama sama bertaubat kepada Allah swt, dan jangan melakukan perbuatan fitnah di media sosial lagi, STOP Menyebarkan berita yang tidak jelas asal usulnya. Jangan Mengaku sebagai muslim yang baik deh jikalau anda masih suka menebar fitnah di media sosial.

Daripada memfitnah orang lebih baik kita habiskan waktu kita untuk sesuatu yang produktif dan bermanfaat, semoga kita semua dijauhkan dari bahaya dosa fitnah dan semoga kita semua diberi ampunan oleh Allah swt.

Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *