Mengenal Wisata Lava Bantal Berbah

Mengenal Wisata Lava Bantal Berbah – Yogyakarta  memang memiliki berbagai macam objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Provinsi yang terkenal sebagai Kota Gudeg ini merupakan salah satu primadona pariwisata Indonesia.

Salah satu wisata di jogja yang wajib anda kunjungi adalah wisata lava bantal berbah. Kawasan wisata ini terletak pada bantaran Sungai Opak, Dusun Watugedhe, Desa Jogotirto, Berbah, Sleman.

Kawasan ini dulunya merupakan Gunung Api purba yang saat ini kita masih bisa melihat sisa sisanya dari bentuk batuannya yang terhampar di bawah jembatan Gemblung tersebut. Oleh Pemerintah sleman kawasan ini kemudian diberi nama Lava Bantal,  hal ini dikarenakan batuannya mirip bantal yang terhampar.

Lava bantal ini terbentuk akibat dari erupsi atau lelehan lava yang keluar dari gunung api bawah laut. Jadi lahar panasnya langsung masuk ke air yang dingin. Proses pembekuan yang tiba tiba ini mengakibatkan mineralnya menjadi terpilah dengan baik dan mengakibatkan bentuknya menjadi mirip bantal.

Lava bantal ini dipercaya oleh warga sekitar memiliki kontribusi dalam pembentukan pulau jawa. Kalau benar atau tidaknya mungkin bisa ditanyakan ke para ahli geologi.

Kejadian seperti  ini sangat jarang lho ditemukan di seluruh dunia. Di pualu jawa sendiri hanya ada pada Karangsambung (Kebumen) dan Ciletuh (Jawa Barat). Untuk pulau lain selain jawa sepengetahuan saya tidak ada lho guys yang seperti ini.

Untuk masuk kekawasan lava bantal ini anda tidak dikenakan tarif retribusi, paling cuman bayar parkir aja.

Kawasan ini sekarang sudah cukup ramai dikunjungi tercata setiap weekend ada 30-40 mobil dan 200an motor yang berkunjung ke kawasan ini.

Selain para wisatawan, banyak juga para mahasiswa geologi yang datang ke kawasan ini untuk mempelajarinya. Maklum saja batuan pada lava bantal ini umurnya sudah sangat tua dengan metoda radiometrik K/Ar diketahui bahwa batu batuan pada lava bantal ini sudah berumur 81 juta tahun.

Untuk mengunjungi kawasan lava bantal ini anda dapat melalui jalan raya berbah yang berada di selatan bandara adi sucipto dan langsung menuju ke tempat wisata ini.

Bagaimana, tertarik mengunjunginya?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *