Manfaat Sholat Shubuh

sholat shubuh manfaatJika sebelumnya kita telah membahas keistimewaan sholat shubuh, pada artikel kali ini kita akan lebih membahas apa saja sih manfaat yang akan kita dapatkan jika kita mengerjakan sholat shubuh. Tetapi jangan sampai sehabis mengetahui manfaatnya ini kita jadi tidak ikhlas beribadah kepada Allah dan mengerjakan sholat shubuh hanya demi memberi manfaat kepada diri kita.

Kita tetap harus mengerjakan sholat shubuh dengan keikhlasan dan mengharap ridho dari Allah swt, dan jika allah berkehendak untuk memberi manfaat kepada kita tentu kita akan mendapatkannya. Tetapi kalau kita tidak ikhlas dan hanya mengejar manfaat belum tentu allah swt ridho dan memberi manfaat atas ibadah yang telah kita kerjakan.

Manfaat pertama dari sholat shubuh adalah membuat diri kita masuk surga, Rasulullah saw bersabda “Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat shubuh dan ashar) maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635)

Tentu kita semua ingin masuk kedalam surga dimana kita hidup di dunia ini itu hanya sementara, sekarang rata-rata manusia hidup ya 60-70 tahun, cuman sebentar jika dibandingkan di akhirat yang kekal abadi selamanya. Jangan sampai ya kita di dunia bahagia tetapi di akhirat masuk neraka. Nah manfaat kedua dari sholat shubuh adalah mencegah kita masuk kedalam neraka. Hal ini sesuai dengan hadist nabi Muhammad saw

Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (yaitu shalat shubuh) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu shalat ashar).” (HR. Muslim no. 634)

Masyallah dua manfaat pertama dari sholat shubuh ini saja sudah sangat luar biasa dimana yang pertama membuat diri kita masuk surga yang kedua adalah mencegah diri kita masuk neraka.

Manfaat ketiga dan keempat dari sholat shubuh seperti yang suda saya sampaikan pada artikel keistimewaan sholat shubuh, bahwa orang yang mengerjakan sholat shubuh akan memiliki cahaya terang pada hari kiamat. Selain itu malaikat yang mendampingi kita akan memohon ampun untuk diri kita kepada Allah swt

Manfaat kelima dari sholat shubuh adalah orang yang melaksanakan sholat shubuh akan diberi jaminan oleh Allah swt. Rasulullah saw bersabda “Barang siapa yang menunaikan sholat shubuh maka ia berada dalam jaminan Allah. Sholat shubuh menjadikan seluruh umat berada dalam jaminan, penjagaan dan perlindungan Allah sepanjang hari. Barang siapa membunuh orang yang menunaikan sholat shubuh, Allah akan menuntutnya, sehingga ia akan membenamkan mukanya ke dalam neraka” (Hr Muslim At Tarmidzi dan Ibnu Majah)

Itulah 5 manfaat dari mengerjakan Sholat Shubuh, sungguh luar biasa sekali ya. Sebenarnya masih banyak manfaat sholat shubuh lainnya yang sudah dibuktikan dari segi sains. Insyallah pada lain kesempatan akan kami ulas.

Sekian dari saya kurang lebihnya saya mohon maaf semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua. Amin

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *