Makanan-Makanan untuk Sehat dan Langsing

Makanan-Makanan untuk Sehat dan LangsingMakanan-Makanan untuk Sehat dan Langsing – Menjadi sehat dan langsing terdengar seperti impian indah. Kenyataannya, bisa dibilang semua orang mengingkan kedua hal itu—sehat dan langsing. Sehat namun gemuk, atau langsing tapi sakit, bukanlah pilihan. Pertanyaannya, bagaimana caranya agar kita bisa selalu sehat sekaligus langsing, atau memiliki berat badan ideal?

David Grotto, seorang ahli diet, merumusakn jenis makanan yang dianggap ideal untuk membantu mewujudkan impian itu—sehat dan langsing. Makanan-makanan tersebut mengandung vitamin, mineral, lemak, dan protein yang cukup, serta rendah kalori. Berikut ini daftar makanan tersebut, plus kandungan nutrisinya.

Kacang merah

Kacang merah mengandung banyak nutrisi, vitamin, dan mineral, yang mampu membantu kesehatan jantung serta organ tubuh lain. Kacang merah juga mampu memuaskan rasa lapar dengan jumlah kalori yang rendah.

Dalam secangkir kacang merah terdapat 200 kalori. Sementara nutrisi yang dikandung di dalamnya meliputi folat, vitamin B1, magnesium, serat besi, dan kalium.

Yoghurt

Yoghurt rendah lemak seperti yoghurt cair mengandung probiotik yang sehat, vitamin, dan mineral. Asam pantotenat dalam yoghurt membantu metabolisme energi dan merupakan yodium konsentrasi tinggi yang sangat baik untuk tiroid.

Dalam segelas yoghurt terdapat 140 kalori. Sementara nutrisi yang dikandung di dalamnya meliputi asam pantotenat, vitamin B2, kalsium, fosfor, kalium, dan yodium.

Hati sapi

Hati sapi adalah makanan bergizi tinggi, karena mengandung banyak zat besi, sehingga sangat baik untuk wanita yang sedang menstruasi. Selain itu, hati sapi juga mengandung kolin yang baik untuk ingatan atau memori, dan krom untuk mengatur gula darah. Meski rendah lemak, hati sapi juga mengandung kolesterol. Karenanya, tidak dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari—cukup seminggu sekali.

Dalam setiap 3 ons hati sapi terdapat 137 kalori. Sementara nutrisi yang dikandung di dalamnya meliputi zat besi, vitamin A, biotin, kolin, vitamin B12, vitamin B3 atau niasin, vitamin B6, kromium,tembaga, dan fosfor.

Salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan otak dan membantu menurunkan kolesterol. Selain enak, ikan salmon juga rendah kalori.

Dalam setiap 3 ons ikan salmon terdapat 157 kalori. Sementara nutrisi yang dikandung di dalamnya meliputi biotin, vitamin B12, vitamin B3 atau niasin, vitamin B6, vitamin D, potasium, asam lemak omega-3, dan kolin.

Jamur

Jamur adalah makanan yang dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Berbagai jenis jamur, termasuk jamur kancing, shiitake, dan portobello, sangat rendah kalori dan mengandung banyak nutrisi. Kandungan vitamin B2 dalam aneka jamur sangat membantu dalam metabolisme lemak, karbohidrat, dan protein.

Dalam secangkir jamur terdapat 15 kalori. Sementara nutrisi yang dikandung di dalamnya meliputi biotin, vitamin B2, kromium, tembaga, dan asam pantotenat.

Lobster

Lobster termasuk sumber terbaik dalam menyuplai selenium dan seng, selain sangat tinggi natrium. Lobster bisa dikonsumsi dua sampai tiga kali seminggu.

Dalam setiap 3 ons lobster terdapat 65 kalori. Sementara nutrisi yang dikandung di dalamnya meliputi asam pantotenat, tembaga, selenium, dan seng.

Kedelai

Kedelai dapat membantu memperlancar pencernaan, menurunkan gula darah, dan kolesterol. Disarankan untuk mengonsumsi kedelai dalam jumlah setengah cangkir sehari.

Dalam setengah cangkir kedelai terdapat 150 kalori. Sementara nutrisi yang dikandung di dalamnya meliputi vitamin B1, vitamin B2, zat besi, magnesium, fosfor, serat larut, asam lemak omega-3, lemak tak jenuh ganda, dan protein.

Tiram

Bagi yang mengalami kekurangan vitamin B12 atau yang tidak banyak memakan daging, tiram sangat baik dikonsumsi. Tiram membantu proses penting seperti pembentukan sel darah merah, fungsi neurologis, dan sintesis DNA.

Dalam setiap 3 ons tiram terdapat 85 kalori. Sementara nutrisi yang dikandung di dalamnya meliputi vitamin B12, tembaga, besi, selenium, dan seng.

Bayam

Selain sangat baik dalam hal kalori, bayam mengandung vitamin K yang baik untuk pembekuan darah, kesehatan tulang, kekuatan otot, kesuburan, dan produksi insulin.

Dalam setiap dua cangkir bayam terdapat 14 kalori. Sementara nutrisi yang dikandung di dalamnya meliputi folat, vitamin D, vitamin K, kalsium, besi, magnesium, dan mangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *