Keistimewaan Sholat Shubuh

Keistimewaan Sholat Shubuh (1)Ibadah di waktu shubuh ? tentu yang paling utama adalah Sholat shubuh, bagaimana kebiasaan anda sekalian dalam melaksanakan sholat shubuh? Apakah anda termasuk orang yang senantiasa bersemangat dalam melaksanakan sholat shubuh? Dalam arti, selalu mengerjakan sholat shubuh tepat pada waktunya? Dalam artian bangun sebelum azan shubuh berkumandang, lalu tepat waktu, pergi ke masjid dekat rumah dan ikut menegakkan jamaah sholat shubuh di masjid? Atau bila anda seorang wanita, sekalipun tidak pergi sholat shubuh berjamaah di masjid namun selalu melaksanakannya dirumah secara tepat waktu, tepat di saat kaum lelaki mengerjakannya berjamaah di masjid.

Atau anda termasuk ke dalam golongan orang yang santai santai saja? Maksudnya bila shubuh bangunnya sedikit lewat sedikit dari waktu azan dan iqamah. Jelas sudah ketinggalan kalau hendak berjamaah ke masjid. Bisa jadi bangunnya sudah dari sejak azan, tapi bangkit dari kasur nan empuk rasanya beratttt banget hingga tak terasa menit menit terlampaui ke saat iqomah berkumandang, hingga kesempatan untuk sholat shubuh berjamaah akhirnya agak terlewati.

Atau yang paling parah, anda senantiasa ketinggalan sholat shubuh. Bangun selalu saja di saat matahari sudah terbit.  astagfirullah kalau yang seperti ini kasusnya sudah parah sekali.

Padahal duantara kelima sholat fardhu, sholat Shubuh menduduki posisi yang sangat penting. Ada nilai religi dan filosofi yang sangat kuat dalam pelaksanaan sholat shubuh berjamaah.

Allah swt telah menjanjikan sebentuk pahala yang sedemikian besar dari orang orang yang mengerjakan sholat shubuh tepat pada waktunya. Terlebih bila dikerjakan secara berjamaah di masjid. Tahukah anda, bukan hanya sholat shubuhnya yang diberi imbalan pahala besar. Bahkan segenap aktivitas religi lainnya yang dilakukan sebelum sholat atau sesudah sholat shubuh pun begitu. Sama sama diberi imbalan pahala yang besar.

Hal ini dikarenakan sebaik baiknya sholat shubuh dikerjakan pada waktu yang sangat istimewa yaitu dikerjakan diantara waktu sepertiga malam terakhir dan waktu fajar.

Rasulullah saw bersabda

“Para malaikat berkumpul pada saat shubuh lalu para malaikat (yang menyertai hamba) pada malam hari (yang sudah bertugas malam hari hingga shubuh) naik (ke langit), dan malaikat siang hari tetap tinggal. Kemudian mereka berkumpul lagi pada waktu sholat ashar dan malaikat yang ditugaskan pada siang hari (hingga sholat ashar) naik (ke langit) sedangkan malaikat yang bertugas pada malam hari tetap tinggal, lalu Allah bertanya kepada mereka,’Bagaimana kalian meninggalkan hambaku?’, mereka menjawab, kami datang sedangkan mereka sedang melakukan sholat dan kami tinggalkan mereka sedangkan mereka melakukan sholat, maka ampunnilah mereka pada hari kiamat” (HR Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah ra)

Nah sudah jelaskan betapa istimewanya waktu shubuh ini, tepat di kala Shubuh itulah terjadi pergantian perugas piket dari para malaikat yang mendampingi manusia. Nah tentunya akan sangat baik jika para malaikat itu saat pulang ke langit melapor Allah swt membawa kenangan manis yang berupa ketaatan si hamba yang bersangkutan dalam menegakkan sholat shubuh atau ibadah lainnya. Sehinnga para malaikat akan memohon ampuk kepada Allah swt untuk diri kita.

Namun apa boleh buat ? Fenomena menyepelekan pelaksanaan sholat shbuh kelihatannya sudah jamak seantero dunia dewasa ini. Kesadaran kaum muslim sendiri untuk menegakkan sholat shubuh berjamaah agaknya telah berkurang dan makin berkurang. Alasan rata rata adalah bangun tidur yang kesiangan.

Rasulullah saw bersabda

“Setan melilit leher seorang di antara kalian dengan tiga lilitan ketika tidur. Dengan setiap lilitan setan membisikkan ‘Nikmatilah malam yang panjang ini’. Apabila ia bangun lalu mengingat Allah, maka terlepaslah lilitan itu. Apabila ia berwudhu, lepaslah lilitan kedua. Kemudian apabila ia sholat, lepaslah lilitan yang ketiga, sehingga ia menjadi bersemangat. Tetapi kalau tidak, ia akan terbawa lamban dan malas.

“Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang banyak berjalan dalam kegelapan (waktu Isya’ dan Subuh) menuju masjid dengan cahaya yang sangat terang pada hari kiamat” [HR. Abu Dawud, At-Tarmidzi dan Ibnu Majah]

Jadi di waktu shubuh itu merupakan pertarungan antara kita melawan setan. Dan apabila kita menang melawan setan maka kita akan dianugerahi cahaya terang pada hari kiamat.

Mungkin sekian dulu artikel dari kami masih banyak keistimwaaan sholat shubuh lainnya yang akan kami bahas di artikel selanjutnya. Semoga artikel ini dapat menambah keimanan dan wawasan kita semua.

Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *