Makanan yang Membantu Menurunkan Berat Badan

Makanan yang Membantu Menurunkan Berat Badan – Kelebihan berat badan telah menjadi problem banyak orang. Karenanya, upaya diet demi menurunkan berat pun dilakukan. Dalam hal itu, banyak orang yang sampai tidak makan demi berat badannya berkurang. Padahal, menurunkan berat badan secara efektif tidak bisa dilakukan dengan cara ekstrem semacam itu.

Bagaimana pun, Anda tetap butuh makan untuk menghasilkan energi. Jika menurunkan berat badan adalah tujuan Anda, maka yang perlu diperhatikan disini adalah takaran asupan, serta jenis makanan yang dikonsumsi. Untuk hal itu, berikut ini adalah makanan-makanan yang bisa dipilih untuk membantu membakar lemak, mengecilkan perut, sekaligus tidak mengurangi nafsu makan. Daftar makanan berikut bisa membantu upaya Anda untuk menurunkan berat badan tanpa harus kelaparan.

Telur

Apa menu sarapan sehari-hari Anda? Nasi? Roti? Sekarang, Anda bisa mengganti menu sarapan Anda dengan dua butir telur. Berdasarkan penelitian, telur mengalahkan karbohidrat dalam hal mengenyangkan, dan membantu kita tahan untuk tidak memakan kudapan. Dalam hal ini, telur terbukti mampu membantu menurunkan 65 persen berat tubuh.

Yoghurt

Umumnya, yoghurt dikemas dalam wadah berbentuk gelas. Apa pun kemasannya, yoghurt mengandung banyak kalsium. Penelitian menunjukkan, kalsium dapat membantu menghambat pertambahan berat badan dengan membantu absorpsi lemak pada usus kecil.

Jeruk bali

Di antara semua makanan yang dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan, jeruk bali adalah yang paling terkenal. Penelitian menunjukkan, jeruk bali mampu membantu menurunkan berat badan sekaligus mendapatkan tubuh ramping. Memakan setengah buah jeruk bali sebelum makan besar secara rutin bisa menurunkan berat badan beberapa kilo, sehingga membantu program diet yang dijalankan.

Kacang

Kacang dipercaya mengandung banyak lemak. Namun, kacang seperti pistachio mengandung lemak tak jenuh yang menyehatkan. Selain itu, seperti jenis kacang lain, pistachio memberi tambahan protein dan serat. Karena itu, pistachio mampu membantu diet Anda dengan menekan selera makan, dan menurunkan berat badan.

Avokad

Buah ini sangat lezat, dan banyak disukai orang. Di balik kelezatannya, avokad juga bisa membantu mengecilkan pinggul. Menurut para ilmuwan, avokad mengandung leptin, yaitu lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan hormon penunda lapar. Hormon itu bisa membuat otak Anda berpikir kalau tubuh sudah kenyang, sehingga Anda berhenti makan.

Jamur

Bagi penikmat daging, mengurangi konsumsi daging mungkin terasa berat. Namun, jika Anda ingin mengganti daging dengan makanan lain demi suksesnya program diet, Anda bisa memilih jamur untuk resep masakan Anda. Mengganti daging dengan jamur secara otomatis akan menghilangkan 420 kalori dari makanan Anda, karena tidak ada lagi lemak jenuh yang terdapat dalam daging. Selain itu, jamur juga sama nikmatnya dengan daging, juga sama mengenyangkan.

Biji-bijian

Menurunkan berat badan dan mengecilkan perut yang membuncit adalah upaya banyak orang dalam program diet. Untuk tujuan itu, Anda bisa mengonsumsi makanan yang berasal dari biji-bijian utuh atau oat. Penelitian menunjukkan, bahan makanan tersebut membantu mengecilkan bagian perut. Sebanyak 3.000 pria dan wanita yang diteliti bisa mendapatkan perut yang rata setelah beralih ke biji-bijian utuh. Contoh makanan yang masuk kategori ini adalah beras merah, sereal gandum, roti gandum, dan pasta.

Minyak zaitun

Minyak yang kaya rasa ini bisa ditemukan pada salad dan marinade. Minyak zaitun mengandung lemak tunggal tak jenuh yang disebut asam oleik. Asam itu memicu proses rumit di dalam usus, yang secara langsung memerintahkan otak agar berpikir Anda kenyang, dan membuat Anda berhenti makan. Minyak zaitun juga berperan dalam diet gaya Mediteranian yang menyehatkan jantung.

Cabai merah

Bagi kebanyakan orang Asia, rasa pedas cabai bisa memicu nafsu makan. Namun, bagi orang barat, rasa pedas cabai pada makanan justru menjadi cara efektif untuk menurunkan berat badan. Cabai merah mengandung capsaicin—pemicu rasa pedas pada cabai—yang menurut para ilmuwan dapat menurunkan selera makan dan mengurangi jumlah makanan di kemudian hari. Selain itu, komponen yang sama pada cabai juga bisa menghilangkan cadangan lemak pada tubuh.

Buncis

Buncis adalah sumber protein yang mengandung flavonoid. Dalam penelitian selama 14 tahun, antioksidan spesial itu terbukti bisa membantu menurunkan akumulasi lemak berlebih pada perut. Karenanya, mengonsumsi buncis bisa membantu Anda menurunkan berat badan sekaligus mengecilkan perut.

Nasi dengan sayuran

Memakan nasi dengan menambahkan sayuran berserat tinggi, seperti brokoi dan wortel, akan membantu menurunkan jumlah kalori. Tapi manfaatnya bukan hanya itu. Menambhakan sayuran pada nasi ketika makan siang juga mampu memperlambat perut menjadi kosong. Hasilnya, Anda akan merasa kenyang lebih lama. Dalam penelitian, orang akanmnegurangi porsi makan malam kalau mereka menambahkan sayuran pada makan siang mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *