Menggambar Meningkatkan Kemampuan Otak Anda

Otak adalah organ terpenting dalam tubuh kita. Saking pentingnya otak secara khusus dilindungi oleh tulang batok kepala. Otaklah yang mengurus segalanya, mulai dari mngatur pergerakan anggota tubuh supaya kita bisa bergerak dengan baik sampai menyimpan hal-hal penting dalam ingatan.

Saat kita kecil, otak kita tidak bekerja secara optimal. Karena itu tidak banyak orang uang bisa mengingat detail masa balitanya, demikian juga dengan kemampuan organisasi tubuh. Namun seiring dengan pertumbuhan fisik maka otak juga berkebang membaik hingga usia 12 tahun. Di saat itulah otak kita berhenti berkembang. Apa yang didapat saat otak kita 12 tahun akan digunakan utuk menyelesaikan persoalan hidup hingga tua nanti.

Namun Kemampuan otak anda akan menurun seiring dengan bertambahnya usia, baik itu kemampuan logika, kemampuan analisa maupun daya ingat. Tetapi hal ini bisa diperlambat dengan menjaga pola hidup dan pola makan. Pola hidup bahagia seperti menghindari stress, olahraga teratur, jujur dan menjaga kebahagiaan ternyata mampu mempertahankan kemampuan daya pikir anda. Bahkan pola makan yang teratur dan bergizi juga memiliki porsi yang besar untuk mempertahankan kemampuan berpikir dan mengingat anda.

Berita baiknya, penurunan performa otak bisa juga dilakukan dengan menekuni hobby menggambar atau melukis. Dalam sebuah jurnal kesehatan dinyatakan bahwa menggambar secara simultan bisa meningkatkan performa otak karena kegiatan menggambar membuat memori otak lebih rileks. Salah satu bukti gambar membuat memori rileks adalah kemampuan orang untuk mengingat gambar selalu lebih baik daripada mengingat tulisan atau suara. Bahkan dalam keseharian orang lebih mudah mengingat bentuk dan tanda-tanda jalan raya daripada nama jalan atau no rumah.

Dalam penelitian lanjutan, jurnal tersebut menyatakan bahwa seni lukis dan kaligrafi memiliki efek memperbaiki kinerja otak. Aktivitas menggambar ternyata membuat otak berpikir lebih banyak namun dengan tingkat stress yang rendah. Saat akan menggambar, otak berpikir keras tentang apa yang akan dia gambar. Kemudian dia mulai memikirkan detail sederhana hingga detail yang paling rumit. Berpikir secara detail memiliki efek positif terhadap kemampuan mengingat dan analisa.

Selain itu, aktivitas menggambar juga melatih otang untuk berpikir kreatif. Dan hal inilah yang membuat kemampuan otak secara menyeluruh meningkat tajam. Kabar baiknya adalah kemampuan otak ini bersifat permanen selama latihan menggambar terus dilakukan.

Meskipun demikian, menggambar saja tidak cukup untuk meningkatkan kemampuan otak. Pola makan yang sehat, makan teratur dengan gizi yang cukup, istirahat yang cukup, olahraga fisik yang cukup dan terus mengasah otak dengan olahraga fikiran seperti menulis, mengarang, mengerjakan soal berhitung dan yang pasti menggambar.

Hasil penelitian yang menarik ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *