7 Manfaat Daun Sirih Yang Ajaib Bagi Tubuh

manfaat daun sirih7 Manfaat Daun Sirih Yang Ajaib Bagi Tubuh

Di Indonesia banyak sekali tanaman obat yang bisa dimanfaatkan daunya sebagai media pengobatan. Salah satu jenis daun yang bisa digunakan sebagai bahan obat adalah daun sirih. Manfaat daun sirih sudah tidak diragukan lagi keampuhanya. Sirih merupakan jenis tanaman yang tumbuh merambat dan biasanya hidup menempel pada pohon tanaman lain, walaupun ada beberapa yang tumbuh merambat di tanah.

Tanaman ini biasa digunakan sebagai tanaman obat karena mengandung pati, minyak terbang atau betlephenol, zat samak, gula, seskuiterpen, minyak atsiri, dan kavikol. Jika anda ingin tahu lebih lanjut mengenai manfaat ajaib daun yang satu ini, berikut merupakan 7 manfaat daun sirih yang luar biasa.

  1. Mengobati penyakit asma

Manfaat daun sirih yang pertama adalah dapat digunakan untuk mengobati penyakit asma. Caranya adalah dengan menyiapkan daun sirih sebanyak 4 sampai 5 lembar, lalu cuci hingga bersih. Setelah itu rebus daun tersebut dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Minum air rebusan tersebut secara rutin sekitar 2 sampai 3 gelas sehari. Untuk mendapatkan hasil optimal, sebaiknya anda mengkonsumsinya secara konsisten dan rutin setiap hari.

  1. Mengobati kanker

Selain dapat digunakan untuk mengobati penyakit asma, daun sirih ternyata dapat dijadikan sebagai obat kanker. Caranya adalah dengan menggunakan beberapa lembar daun sirih, kemudian rebus menggunakan air hingga tersisa 1/4 bagian. Setelah itu pisahkan air hasil rebusan dengan daun sirih. Terakhir campurkan air rebusan tersebut dengan madu. Minumlah secara rutin 3 kali sehari saat air tersebut masih dalam keadaan hangat.

  1. Mengobati mimisan

Jika anda sering mengalami pendarahan di hidung atau mimisan, anda bisa menghentikanya dengan menggunakan daun sirih. Caranya cukup mudah, yakni hanya dengan mengambil daun sirih yang masih agak muda. Setelah itu lumatkan dan gulung sambil ditekan hingga minyak pada daun tersebut keluar. Gunakan daun tersebut untuk menyumbat hidung anda agar darah tidak keluar lagi. Jika mimisan anda tidak kunjung sembuh, lebih baik anda segera membawanya ke dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Mengobati luka bakar

Manfaat daun sirih selanjutnya adalah dapat digunakan untuk mengobati luka bakar. Jika anda mengalami luka bakar akibat terkena knalpot, api, dan lain sebagainya, sebaiknya anda menggunakan daun sirih untuk mengobati luka tersebut. Caranya adalah dengan memeras daun sirih yang masih segar secukupnya, lalu tambahkan dengan sedikit madu. Setelah itu bubuhkan pada bagian kulit yang terbakar. Lakukan cara tersebut secara rutin hingga luka bakar anda sembuh.

  1. Mengobati bronkitis

Jika anda mengalamai masalah dengan batuk bronkitis, anda bisa coba mengobatinya dengan menggunakan daun sirih. Caranya adalah dengan menyiapkan daun sirih sebanyak 5 hingga 7 lembar, lalu cuci daun tersebut hingga bersih. Setelah itu rebus daun tersebut bersama sepotong gula batu dan 2 gelas air bersih. Rebus terus hingga tersisa satu gelas saja. Terakhir minum air rebusan tersebut 3 kali sehari, masing-masing sebanyak sepertiga gelas. Untuk memperoleh hasil yang diinginkan, usahakan anda konsisten mengkonsumsinya setiap hari.

  1. Mengatasi diare

Diare adalah salah satu penyakit yang dapat membuat anda keluar masuk kamar mandi, oleh sebab itu penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang membuat produktivitas anda menurun. Apabila anda mengalami diare, anda bisa menggunakan daun sirih untuk mengatasi masalah tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan 6 lembar daun sirih, 1 sendok minyak makan, dan 6 butir merica. Setelah itu campurkan semua bahan tersebut dan tumbuk hingga benar-benar lembut. Terakhir gosokkan campuran tersebut ke bagian perut penderita diare. Lakukan cara ini secara rutin agar diare anda cepat sembuh.

  1. Mengobati gatal-gatal atau koreng

Manfaat daun sirih yang terakhir adalah mengobati gatal-gatal atau koreng yang disebabkan oleh jamur dan kuman. Anda bisa mengobati penyakit tersebut dengan merebus daun sirih, lalu menggunakan air rebusan tersebut untuk mandi atau hanya sekedar membasuh bagian kulit yang gatal saja. Caranya adalah dengan menyiapkan 15 sampai 20 lembar daun sirih, lalu mencucinya hingga bersih. Setelah itu rebus daun tersebut di dalam air hingga mendidih. Tunggu sebentar hingga air rebusan tersebut menjadi agak hangat. Terakhir gunakan air yang masih hangat untuk mandi atau hanya sekedar membasuhkanya ke bagian yang gatal saja.

Itulah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari daun salam. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita, oleh karena sebab itu tak heran jika banyak masyakarat Indonesia yang menggunakan tanaman tersebut sebagai obat untuk mengatasi beberapa macam penyakit. Semoga artikel yang membahas mengenai manfaat daun sirih ini dapat memberikan manfaat untuk anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *