Niat Sholat Jumat

niat sholat jumatAssalamualaikum wr wb

Puji syukur kepada Allah swt yang telah memberikan kita nikmat, berupa nikmat sehat, nikmat keimanan dan banyak kenikmatan lainnya.

Pada kesempatan kali ini marilah kita membahas tentang niat sholat jumat. Sholat jumat sendiri merupakan sholat wajib yang harus ditunaikan seorang laki laki muslim.

Hal ini sesuai dengan firman Allah swt dalam surat Al Jumu’ah ayat 9 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, apabila diserukan untuk menunaikan sholat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli.”

Nah banyak orang bertanya tanya bagaimana cara pengucapan niat untuk sholat jumat ini. Pengucapan niat tidak perlu dilakukan, yang terpenting hati kita memiliki niat untuk melaksanakan ibadah sholat jumat ini secara ikhlas hanya untuk Allah swtpengucapan niat secara keras itu tidak ada dalil dan tuntunannya. Menurut Abu Abdillah Muhammad bin Al Qasim At Tunisi Al Maliki, ia berkata:

النيّة من أعمال القلوب، فالجهر بها بدعة، مع ما في ذلك من التشويش على الناس

“Niat itu termasuk amalan hati. Mengeraskannya bid’ah. Lebih lagi jika perbuatan itu membuat berisik orang lain”

Sehingga niat sholat jumat ini tidak perlu diucapkan cukup kita memiliki niat untuk melaksanakan sholat jumat ikhlas karena Allah swt maka insyallah ibadah sholat jumat kita sudah akan diterima Allah swt.

Pendapat yang sama diutarakan juga oleh imam besar Ibnu Abil Izz Al Hanafi, ia berkata:

لم يقل أحد من الأئمة الأربعة، لا الشّافعيّ ولا غيره باشتراط التلفّظ بالنيّة، وإنما النيّة محلّها القلب باتّفاقهم، إلا أن بعض المتأخرين أوجب التلفّظ بها، وخرج وجهاً في مذهب الشافعي! قال النووي رحمه الله: وهو غلط، انتهى. وهو مسبوق بالإجماع قبله

“Tidak ada seorang imam pun, baik itu Asy Syafi’i atau selain beliau, yang mensyaratkan pelafalan niat. Niat itu tempatnya di hati berdasarkan kesepakatan mereka (para imam). Hanya segelintir orang-orang belakangan saja yang mewajibkan pelafalan niat dan berdalih dengan salah satu pendapat dari madzhab Syafi’i. Imam An Nawawi rahimahullah berkata itu sebuah kesalahan. Selain itu, sudah ada ijma dalam masalah ini” (Al Ittiba’, 62)

Para ulama dari berbagai negeri dan generasi justru menyatakan pengucapan niat itu merupakan bid’ah. Pendapat itu tidak sesuai dengan pendapat imam syafi’i ataupun sunah rabawi. Dasarnya diantaranya adalah sebuah hadist  yang diriwayat dari ‘Aisyah Radhiallahu’anha, ia berkata:
كان رسول الله – صلى الله عليه وسلم – يستفتح الصَّلاة بالتّكبير
Biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam memulai shalatnya dengan takbir” (HR. Muslim, no.498)

Jadi tidak ada pengucapan niat untuk sholat termasuk sholat jumat. Cukup ikhlas dalam melaksanakannya hanya karena Allah swt.

Semoga artikel ini dapat memberi wawasan kita semua dan semoga kita selalu diberi keberkahan dari Allah swt.

Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *