Penjelasan Ilmiah Hadist Tentang Sayap Lalat Memiliki Racun dan Penawarnya

lalatLalat merupakan salah satu hewan yang sering tidak disukai orang. Hal ini terjadi karena lalat kerap kali hinggap di sampah lalu masuk ke makanan dan minuman. Sehinga dikhawatirkan lalat tersebut membawa penyakit bagi tubuh kita.

Tetapi tahukah anda dalam sebuah hadist disebutkan cara menanggulangi penyakit yang dibawa lalat. Rasulullah saw bersabda “Jika lalat terjatuh di minuman salah seorang di antara kamu, maka benamkanlah ia, kemudian lepaskanlah (buanglah), karena pada salah satu sayapnya terdapat penyakit dan pada sayap yang lainnya terdapat obat (penawar).” (HR. al-Bukhari)

Mungkin anda bertanya tanya mengapa rasulullah saw justru meminta kita mencelupkan binatang yang sering berada di tempat tempat jorok tersebut ? Bukankah nanti justru akan menambah bakteri pembawa penyakit yang masuk keminuman kita.

Nah karena penasaran akan hal ini sekelompok peneliti di Mesir dan Arab Saudi melakukan beberapa riset tentang hal ini. Mereka menyiapkan beberapa wadah yang berisi air, madu dan jus. Kemudian beberapa cairan itu dibuat agar dihinggapi lalat. Setelah itu di mereka tengelampan lalat tersebut ke dalam air, madu dan jus tersebut. Diperlakuan lain cairan air, madu dan jus dibiarkan dihinggapi lalat saja tanpa ada perlakuan lalat ditenggelamkan ke dalamnya.

Pemeriksaan mikroskopis menunjukkan bahwa  pada cairan yang tidak ada lalat ditenggelamkan mengandung banyak bakteri pembawa penyakit, sementara wadah lain dimana lalat benar benar ditenggelamkan tidak terdapat bakteri pembawa penyakit.

Fenomena ini terjadi dikarenakan pada sayap lalat terdapat bakteri patogen pembawa penyakit. Tetapi lalat juga memiliki bakteri endosimbion yang berfungsi sebagai penangkal / pertahanan diri terhadap bakteri patogen tersebut. Sehingga saat dicelupkan bakteri patogen tersebut justru akan mati dikarenakan bakteri endosimbion yang ada pada lalat.

Subhanallah sekali ya pada 1400 tahun lalu Rasulullah saw sudah mengetahui hal ini. Padahal pada jaman itu ilmpu pengetahuan belum berkembang. Pengetahuan ini hanya bisa berasal dari Wahyu Ilahi yang diajarkan kepada Nabi oleh Allah SWT.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *