Bahaya Cinta Dunia

Kecintaan terhadap dunia merupakan godaan yang dasyat, entah berapa banyak orang terjatuh ke kemaksiatan diakibatkan godaan dunia yaitu harta, tahta dan wanita.  Kecintaan terhadap dunia juga dapat mengakibatkan rusaknya iman kita.

Allah swt berfirman, ”Dijadikan indah pada pandangan manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak, dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga) (QS Ali Imran: 14).”

Ulama berpendapat manusia suka pada harta dan wanita dikarenakan Allah swt ingin menguji kemampuan kita. Apakah kita mampu mengendalikan perasaan suka dan cintanya itu sehingga tetap sesuai dengan ketentuan agama.

Harta, tahta dan wanita merupakan ujian dari Allah, terlalu cinta kepada mereka dapat mengakibatkan amalan dan iman kita rusak. Sungguh merupakan sebuah kekeliruan besar jika kita menjadikan dunia sebagai tujuan hidup.

Sesungguhnya,  Allah swt menjadikan harta benda dan kesenangan sebagai ujian terhadap keimanan kita, apakah kita mampu menggunakan semua harta kita untuk mencapai keridhaan Allah swt atau justru kita terjebak untuk mengejar kesenangan duniawi dan menomer sekian kan Allah swt.

Allah swt  berfirman dalam surat Al Kahfi ayat 7 , ”Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang ada di bumi sebagai perhiasan baginya agar Kami menguji mereka siapakah di antara mereka yang terbaik perbuatannya.”

Dari ayat ini menjadi jelas bahwa harta dan keindahan dunia merupakan sebuah ujian dari Allah swt, marilah kita berdoa agar dapat lulus dari ujian ini dan semoga kita semua mendapat keberkahan oleh Allah swt.

Ya Allah yang maha esa anugerahkanlah kepada kami kejujuran dalam berucap dan keikhlasan dalam beramal.

Amin ya robal alamin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *