Jokowi Adalah Pemimpin Kita, Menghinanya Dilarang Islam

jokowiAkhir akhir ini situasi indonesia mulai memanas akibat dari kasus ahok dan FPI. Akibat panasnya situasi perpolitikan ini muncul lah dua blok yang anti ahok dan pro ahok. Celakanya kebanyakan orang orang yang anti ahok ini justru menyerang pemimpin kita saat ini bapak Jokowi.  Banyak hinaan dan cacian terhadap presiden kita ini. Tahukah anda bahwa menghina pemimpin itu dilarang oleh islam, dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa

كُنْتُ مَعَ أَبِيْ بَكْرَةَ تَحْتَ مِنْبَرِ أَبِيْ عَامِرٍ وَهُوَ يَخْطُبُ وَعَلَيْهِ ثِيَابٌ رِقَاقٌ, فَقَالَ أَبُوْ بِلاَلٍ: انْظُرُوْا إِلَى أَمِيْرِنَا يَلْبَسُ لِبَاسَ الْفُسَّاقِ, فَقَالَ أَبُوْ بَكْرَةَ : اسْكُتْ! سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ يَقُوْلُ: مَنْ أَهَانَ سُلْطَانَ اللهِ فِيْ الأَرْضِ أَهَانَهُ اللهُ

“Saya pernah bersama Abu Bakrah di bawah mimbar Ibnu Amir yang sedang berkhutbah sambil mengenakan pakaian tipis. Abu Bilal berkata: Lihatlah pemimipin kita, dia mengenakan pakaian orang-orang fasiq. Abu Bakrah menegurnya seraya berkata: Diamlah, saya mendengar Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang menghina pemimpin di muka bumi, niscaya Allah akan menghinakannya“” (Lihat Shahih Sunan Tirmdzi: 1812 oleh Al-Albani).

Dalam sebuah hadis juga disebutkan bahwa rasulullah saw bersabda

مَا مِنْ قَوْمٍ مَشَوْا إِلَى سُلْطَانِ اللهِ لِيَذِلُّوهُ إِلاَّ أَذَلَّهُمُ اللَّهُ قَبْلَ يَوْمِ الْقِيَامَةِ
Tidaklah suatu kaum berjalan menuju pemimpin Allah dengan tujuan untuk menghinakannya, kecuali Allah akan hinakan ia sebelum hari kiamat 
(H.R alBazzar no 2848 dari Hudzaifah dan diisyaratkan keshahihannya oleh al-Haitsamy dalam Majmauz Zawaaid)

Satu hal yang perlu kita perhatikan adalah menghujat pemimpin yang seorang muslim, sekalipun fasiq tidak diperkenankan apalagi jika pemimpin kita tidak melakukan kesalahan.

Jika pemimpin kita melakukan kesalahan nasihatilah jangan cela dia karena menasehati seorang pemimpin dengan sebuah nasehat yang baik adalah ibadah. Bahkan ketika Rasulullah saw ditanya jihad apa yang paling utama? Beliau menjawab:

كلمة حق عند سلطان جائر

Kalimat kebenaran di sisi pemimpin yang dzalim“. (HR. Nasai, Ibnu Majah dan dishahihkan al Albani dalam Ash Shahihah: 491)

Jadi jika anda termasuk seseorang yang suka menghina pak jokowi, berhentilah menjelek jelekan beliau. Takutlah pada Allah swt.

Mari yuk kita berdoa agar pak jokowi pemimpin kita agar dibimbing oleh Allah swt kepada jalan yang benar sesuai ajaran Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *