Gejala Penyakit Tipes dan Bahayanya

Penyakit tipes sering kali dikira penyakit lainnya, salah satu penyakit yang memiliki kemiripan gejala adalah demam berdarah. Hal ini dikarenakan kedua penyakit ini memiliki gejala yang mirip yaitu demam (panas) selama berhari hari. Padahal penyakit tipes memiliki gejala spesifik, yuk kita sama sama kenali gejalanya.

Tipes sendiri merupakan infeksi bakteri yang menyebar di seluruh tubuh, tanpa perawatan yang tepat penyakit ini dapat berakibat fatal dan mengakibatkan kematian.

Penyakit ini disebabkan bakteri yang bernama bakteri salmonella, bahayanya penyakit ini bersifat sangat menular lho. Bisa melalui feses dan urin.

Lalu bagaimana gejalanya? Tipes memiliki beberapa gejala diantaranya.

– Demam tinggi,  hingga mencapai 39-40 C terutama pada malam hari.
– Pusing
– Nyeri otot
– Perut sakit
– Tidak memiliki selera makan
– Sembelit pada orang dewasa atau diare pada anak anak
– Ruam berupa bintik-bintik merah muda kecil
– Lemah letih dan lesu
– Ling lung

Itulah gejala tipes yang bisa kenali, jika anda atau keluarga anda memiliki gejala seperti diatas segeralah dibawa kedokter.

Tipes sendiri biasanya menjadi berbahaya jika sudah masuk ke tahap perforasi, perforasi terjadi bilamana bakteri yang menfinfeksi organ pencernaan telah mulai menginfeksi lapisan perut yang disebut peritoneum. Jaringan peritoneum sendiri tidak memiliki mekanisme pertahanan diri untuk melawan bakteri sehingga menyebabkan infeksi akan menyebar secara cepat ke dalam pembuluh darah dan bakteri akan menyebar secara cepat ke organ lain yang akhirnya dapat berakibat kematian bagi si pasien.

Semoga kita dan keluarga selalu diberi kesehatan ya, dan dijauhkan dari penyakit tipes ini.

Amin

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *